Membuat Website Penyimpanan Barang

webdesign 3411373 1280 website

Website Inventory

Sudah 2 hari ini saya menyibukkan diri dengan penginputan data harga barang-barang yang terdapat di toko. Saya menggunakan sebuah program aplikasi website yang saya beli di Tokopedia. Harganya cukup terjangkau dimana saya membeli diharga 60.000. Sudah lama saya menginginkan sistem seperti ini yang bisa menyimpan harga beli, jual, dan pendapatan, tentunya dengan sistem online yang bisa diakses dimana saja. Sebenarnya saya ingin membuatnya sendiri, karena saya pikir dengan membuat sendiri rasanya akan lebih puas. Inti dari program ini sederhana aja, kalau di kalangan programmer dikenal dengan istilah CRUD (create, read, update, delete). Programnya bisa membuat data baru, mencarinya, bisa juga diupdate dan didelete.

Tampilan Login Website
Tampilan Login Websitenya

Yap diawal niatan saya ingin membuat sendiri sistem yang sesuai keinginan saya. Ini salah satu alasan saya mengikuti kursus online Fullstack Developer dari Codepolitan. Tapi ternyata tidak semulus itu, sudah 1 bulan lebih dari awal saya pertama belajar online dan saya baru sampai di kelas Mysql, walaupun harusnya sudah bisa membuat sistem sendiri tapi gapapalah program orang lain dulu. Tapi ada kabar baiknya sih, setidaknya saya sedikit mengerti mengedit program orang lain dan menghubungkannya dengan database phpmyadmin tanpa ketemu kendala yang berarti. Oh ya saya menempatkan programnya tersebut di hosting yang saya sewa tentunya, hosting dari idWebhost. Saya membuat 1 buah subdomain untuk menempatkan programnya dan juga 1 database khusus untuk penyimpanan datanya. Setelah beberapa kali percobaan kemarin saya mulai paham keseleruhan fungsi programnya.

website inventory

Dapat dilihat diatas itu adalah tampilan dari dashboard websitenya. Untuk masuk kesini tentunya harus login dahulu dengan username dan password. Disana ada kolom data barang, supplier, kategori, dan karyawan. Untuk kolom karyawan ini sih lebih ke user pengguna website ini. Bukan data karyawan real yang ada. Jadi jika hanya ada 1 user, data pada kolom karyawan ditampilkan 1. Jika 2 maka ditampilkan 2 dan seterusnya. Data barang yang saya input baru sedikit sih. saya gak bisa memastikan ini sudah beberapa persen dari jumlah barang di toko yang ada. Tapi yang pasti saya akan menginput data barangnya dengan santai saja, tanpa perlu tergesa-gesa. Mungkin 1 sampai 2 minggu lah ya waktu yang saya butuhkan untuk merampungkannya.

Tampilan phpmyadmin
Kalau ini tampilan database phpmyadmin nya. Lumayan banyak menggunakan tabel.

Selain melakukan penginputan data ini saya juga sedang membaca buku. Ada beberapa buku yang beli dari marketplace yang belum sempat saya selesaikan. Tapi tidak apa-apa, saya melakukan semua kegiatan itu dengan santai saja, lagipula saya tidak dikejar deadline apapun.

Oke cukup disitu saja dulu. Postingan ini cukup pendek. Tidak cukup 600 kata yang saya buat. Dah!

Related Post

4 Replies to “Membuat Website Penyimpanan Barang”

    1. sangat bisa tentunya bu heheh. Aplikasi ini bisa mencatat data harga beli dan harga jual, supplier siapa saja, pemasukan dan penjualan. bisa juga untuk fitur kasir yang dapat mencetak nota, tapi toko kami gak terlalu perlu fitur kasir ini sih heheh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *