Seminar rancangan aktualisasi selesai. Lanjut habituasi!

seminar rancangan aktualisasi

Kamis, 17 Juni 2021 kemarin saya telah melaksanakan seminar rancangan aktualisasi Latsar CPNS Kominfo 2019. Jauh sebelum pelaksanaan seminar, dilakukan pembekalan materi terlebih dahulu untuk setidaknya selama 2 bulan ini. Pelaksanaan latsar kami dimulai tanggal 21 April 2021 dan dibebastugaskan hingga 18 Juni 2021. Artinya tanggal 21 Juni hari senin nanti saya akan masuk kerja seperti biasa lagi, ngantor kata orang-orang kan. Tapi walaupun begitu pelaksanaan latsarnya belum selesai, setidaknya hingga 1,5 bulan kedepan masa pelaksanaan aktualisasi di satuan kerja yang dikenal dengan istilah off campus dan tentu hasil laporan aktualisasi ini nantinya akan diseminarkan kembali pada tanggal 11 Agustus mendatang.

Jadi selama 2 bulan bebas tugas ini kami banyak mendapat materi dan tentunya secara online by zoom meeting. Ada 4 agenda yang dijadwalkan dimana agenda 1,2 dan 3 berupa materi yang nantinya menjadi modal untuk agenda 4 dalam merancang aktualisasi nanti. Emang apa sih yang dirancang? jadi pada agenda 4 ini kami ditugaskan mencari isu terkait satuan kerja masing-masing. Isunya apapun yang terlihat dari pengamatan kita sebagai peserta, seperti adanya kelemahan suatu sistem kah, atau belum adanya suatu peralatan yang mendukung pekerjaan atau pelayanan publik di masing-masing satuan kerja dan tentu disesuaikan dengan satuan kerja masing-masing. Gampangnya bisa disebut aktualisasi ini seperti mini skripsi gitu. Kita mencari isu/masalah namun tidak perlu terlalu akademis atau teoritis seperti skripsi, bentuk penyusunan laporan juga kurang lebih sama dengan skripsi atau tugas akhir.

Pada rancangan aktualisasi ini saya mengangkat isu pembuatan jaringan internet wifi di lingkungan LPP RRI Bengkulu. Saya ambil topik ini karena keadaannya memang belum ada jaringan internet wifi dalam ruang lingkup kantor. Ada sih wifi di kantor tapi baru hanya sebatas per ruangan saja. Ya ujung-ujungnya pegawai yang lain yang ingin menggunakan atau bahkan tamu yang datang tapi tidak mengetahui passwordnya tidak bisa menggunakannya kan. Tentunya ini membutuhkan bantuan dari banyak pihak seperti dukungan dana yang kiranya tidak sediki dari pimpinan dan satuan kerja. Selanjutnya jaringan wifi yang dibuat nanti akan dibuatkan halaman login dan password yang nantinya bisa dilihat dengan mudah di meja resepsionis atau titik-titik strategis. Halaman login yang dibuat nanti tentunya memiliki desain yang kreatif dan bisa menampakkan ciri khas dari RRI Bengkulu. Nah disana nanti juga saya masukkan sih seperti website lokal ketika login. Jadi nanti pengguna entah itu pegawai atau tamu bisa melihat profil dari RRI Bengkulu saat ketika login ke jaringan internet. Saya belum pernah coba sih tapi sepertinya ga akan ada kendala karena hanya meload halaman html saja heheh.

Seminar rancangan aktualisasi kemarin kami diberikan setidaknya 45 menit setiap orangnya. Tapi saya kemarin hanya 30 menit di ruang breakout zoom untuk presentasi. Cepat begitu karena alhadmulillah Pak Sadjan selaku penguji setuju dengan usulan saya dan tidak ada perbaikan. Saya bersyukur karena artinya tidak merepotkan saya lagi kan hahah. Oh ya Pak Sadjan selaku penguji ada memberikan beberapa feedback dan masukan sih tapi intinya semua posifit seperti mendukung rancangan ini terus memberikan saran sekalian buat website profil gitu. Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Sadjan selaku penguji. Tidak lupa tentunya Kepada ibu Irene Septine selaku coach yang banyak banget memberikan saya bantuan dalam penyusunan laporan ini, banyak permasalahan yang akhirnya terpecahkan oleh bantuan Bu Irene. Kemudian Pak Harris Hafid, Mentorku dan atasan di RRI Bengkulu, saya senang beliau sebagai mentor saya karena sangat kooperatif dan mendukung ide saya dengan memberikan banyak masukan sehingga saya bisa melaksanakan seminar rancangan aktualisasi dengan lancar.

Selanjutnya mulai senin nanti saya akan melaksanakan rancangan yang telah dibuat dengan harapan menjadi suatu kebiasaan dilingkungan kerja, hal yang seperti itu disebut dengna habituasi. Yap setidaknya selama 7 minggu ke depan akan melaksanakan kegiatan yang telah dirancang. Semoga tidak ada kendala ke depannya dalam melaksanakan habituasi ini. Soalnya saya malas repot hahah kan enak kalo lancar-lancar saja tanpa kendala 😀

Oh ya bagi yang ingin baca pengalaman saya mengenai seleksi CPNS 2019 kemarin mungkin bisa artikel saya yang ini heheh

Pengalaman Mengikuti Tes CPNS 2019 di Kemenkominfo

Dokumentasi Selama Latsar

Foto Agenda 1 Seminar rancangan aktualisasi
Pembelajaran Agenda 1. Tutor Ibu Farida.
foto agenda 2 Seminar rancangan aktualisasi
Pembelajaran Agenda 2. Tutor Mbak Astrid.
foto agenda 3 Seminar rancangan aktualisasi
Pembelajaran Agenda 3. Tutor Pak Herry.
foto agenda 4 Seminar rancangan aktualisasi
Pembelajaran Agenda 4. Tutor Bu Irene.

Seminar Rancangan Aktualisasi

seminar rancangan aktualisasi

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *