Aktualisasi Latsar CPNS

Aktualisasi Latsar CPNS Ngapain Aja Ya?

Posted on

Dalam tahapan Pelatihan Dasar CPNS, ada beberapa kegiatan yang dilakukan selama kurang lebih 4 bulan masa latsar. Seperti pemberian materi yang dibagi kedalam 4 materi yang intinya seputar materi ANEKA (Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, dan Anti Korupsi), kemudian aktualisasi latsar cpns dengan tahapan  mirip seperti mini skripsi. Loh mini skripsi gimana? saya katakan demikian karena nantinya kita akan mencari suatu topik permasalahan/isu dan nantinya akan dituangkan kedalam laporan dengan disajikan melalui presentasi. Tapi tidak perlu seilmiah skripsi banget…

Baik, sebenarnya apa itu aktualisasi? Menurut KBBI Online, Aktualisasi itu artinya perihal mengaktualkan; pengaktualan. Namun jika saya mengartikannya, aktualisasi latsar cpns itu sebagai tahapan dari latsar cpns, disana peserta akan dusuruh mencari sebuah topik/isu pada satuan kerjanya yang nantinya akan dipecahkan dan dicarikan solusinya. Pemecahan masalah dari topik/isu yang diangkat ini dengan tetap memperhatikan materi yang telah digunakan di awal. Sedikit ribet tapi intinya memang seperti mini skripsi, kita mencari topik yang akan diangkat, kemudian konsul dengan seorang pembimbing kemudian di seminarkan dalam suatu tahapan seminar rancangan aktualisasi. Jika disetujui penguji nantinya akan dilanjutkan ke tahap pelaksanaan aktualisasi yang nantinya akan dituangkan dalam sebuah laporan akhir yang akan diseminarkan pada seminar akhir aktualisasi.

Jadi pada tahapan aktualisasi ini nantinya kita akan dibimbing oleh seorang bimbing yang mana pada kegiatan aktualisasi latsar cpns ini dipanggil dengan sebutan coach. Coach ini nantinya akan membimbing kita dalam penentuan topik/isu, penulisan laporan dan melakukan bimbingan yang sekiranya peserta perlukan. Masa aktualisasi kurang lebih 7 minggu untuk masa pelaksanaan dan bisa dikatakan 2 bulan lebih untuk total dari awal materi 4 hingga seminar akhir aktualisasi. Penentuan coach ini sudah ditentukan dari awal ketika mulai latsar CPNS.

Saya akan memberikan gambaran sedikit tentang aktualisasi latsar cpns ini dengan contoh kasus saya sendiri. Saya seorang JFT Teknisi siaran dilingkungan satuan kerja RRI Bengkulu. Saya melihat dari awal saya masuk itu belum adanya jaringan internet wifi yang menjangkau seluruh area gedung kantor. Selama ini hanya sebatas internet sebatas per ruangan saja bahkan wifi yang ada cenderung terjadi pengkotak-kotakan bidang. Sehingga dalam penggunaan internet wifi ini tidak leluasa. Berawal dari sana saya coba mengangkat topik/isu untuk aktualisasi latsar cpns saya ini tentang pembuatan sistem jaringan internet wifi. Dimana tahapan awal saya menentukan topik/isu yang akan diangkat dengan melakukan pengamatan langsung terhadap satuan kerja. Oh ya penentuan topik/isu yang akan diangkat sebaiknya dan seharusnya  berhubungan dengan tupoksi dari jabatan kita ya. Jangan sampai nih tidak berhubungan dan melenceng jauh dari tupoksi kita. Saya juga ingatkan bahwa nantinya sangat dibutuhkan dukungan dari kantor satuan kerja, dukungannya berupa dana dan juga SDM. Saya katakan demikian karena ketika pelaksanaan aktualisasi latsar cpns saya dulu itu membutuhkan dana yang lumayan (sekitar 2,3 juta) dan kantor siap membiayai, juga bantuan dari rekan kerja kantor dalam pemasangan peralatan. Jadi saran saya jangan sampai kita mengeluarkan uang pribadi dalam jumlah banyak untuk pelaksanaan aktualisasi ini, toh nantinya untuk kebaikan kantor satuan kerja kan.

Setelah pelaksanaan aktualiasi ini yang dilaksanakan dengan tetap membawa materi ANEKA tadi. Harapannya nilai-nilai tersebut tetap terkandung pada pribadi masing-masing setiap peserta latsar ini. Bukan sekedar untuk hari ini namun untuk seterusnya sampai pensiun. Nah pembiasaan nilai-nilai ANEKA tersebut dalam menjalankan tugas disebut dengan habituasi.

Saya rangkum sedikit, jadi tahapan aktualisasi latsar cpns ini yaitu:

  • pemberian materi awal
  • penentuan topik/isu dengan melakukan bimbingan oleh coach
  • penulisan laporan rancangan awal
  • seminar rancangan aktualisasi
  • pelaksanaan aktualisasi
  • seminar akhir aktualisasi

Setelah dilaksanakannya seminar bisa dikatakan tahapan latsar kita sudah selesai. Jadi sudah lepas tahapan krusial unutk CPNS ini. Ya dalam cpns lulus dalam latsar ini adalah hal wajib. Namun asal kita mengikuti alur kemungkinan untuk lulus pasti sangat besar. Karena jarang terjadi orang tidak lulus kalau tidak ada masalah besar yang dihadapinya.

Mungkin cukup sekian cerita saya ini. Ini ketikan saya yang kedua kalinya dimana harusnya saya sudah memposting cerita yang sama pada tanggal 1 desember 2021 kemarin. Namun karena terjadi kebakaran pada gedung data center, hosting yang saya sewa servernya juga terbakar dan akhirnya datanya hilang. Walaupun syukurlah backup restore dari penyedia hosting jetorbit tidak terlalu jauh yakni data akhir november.

Saya berikan contoh laporan aktualisasi latsar cpns saya ini. Saya disclaimer dahulu bahwa laporan saya ini tidak 100% benar. Ini tergantung dengan format laporan saat pelaksanaan latsarnya dan juga arahan dari coach masing-masing peserta.

Download contoh Laporan Aktualisasi Latsar CPNS
Gravatar Image
Sebuah catatan perjalanan hidup seorang pemuda. Kisah dan cerita yang tertuang dalam ruang digital. Sebuah tempat berbagi pengalaman dan kenangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.