Selesai Membuat Jaringan Internet Rumah dengan Mikrotik! Rencana lama akhirnya terwujud

WhatsApp Image 2021 03 31 at 23.41.40

Weekend minggu lalu saya menyibukkan diri dengan mencoba suatu hal baru bagi saya, mikrotik. Jadi baru-baru ini saya memesan mikrotik rb750gr3 di tokopedia untuk dipakai di rumah. Alasan utama saya ingin menggunakan mikrotik yaitu agar bisa membatasi kecepatan internet atau mengatur bandwidth tiap user. Rencana ini sudah lama saya ingin lakukan tapi terhambat tidak tahu cara dan bahkan tidak tahu barangnya. Saya sering dengar mikrotik tapi baru nyambung ketika masuk kantor. Baru tahu kalau penggunaan dari si mikrotik ini bagus banget hasilnya.

Dimulailah dari sabtu pagi saya mencoba mensetting konfigurasi dasarnya dahulu. Tentu saya melihat referensi dari youtube maupun website untuk panduan saya melakukan konfigurasi awal. Oh ya, saya juga memesan hub 8 port untuk nantinya dihubungkan ke output dari si mikrotik.Untuk topologi jaringan yang saya gunakan seperti ini:

Topologi jaringan mikrotik

Kurang lebih seperti gambar di atas. Cukup sederhana topologi jaringannya. Disini saya setidaknya menggunakan 3 access point yang terhubung dengan kabel LAN ke hub. Access point untuk rumah, toko dan juga kos. setidaknya ada 20 user kurang lebih. Repeater yang dipakai ada 2 buah, satu dirumah lantai bawah dan 1 lagi tetangga sebelah yang memperkuat sinya wifi ap toko untuk pemakaian di rumahnya.

WhatsApp Image 2021 03 31 at 23.41.15
Masih berantakan

Saya juga mensetting kecepatan bandwidth pengguna terutama untuk anak kos dan di toko. Saya atur bandwidthnya menjadi 20Mbps untuk download dan 4Mbps upload untuk satu kelompok ip jaringan ini. Saya atur seperti itu dengan niat lebih menstabilkan traffic dan pemakaian terus agar lebih lama mencapai angka FUP, walaupun ga terlalu jelas berapa batas FUP pertama soalnya sekarang masih bisa menyetuh kecepatan 37-40 Mbps disaat pemakaian sudah 1200gb. Oh ya di rumah kami berlangganan paket 40 Mbps.

Rencana kedepan saya akan coba memesan access point untuk dibuatkan hotspot voucheran. Lalu saya juga akan membeli ups untuk semua perangkat jaringan ini. Termasuk Access point toko dan kos akan saya kumpulkan satu tempat adaptornya dengan menggunakan PoE injector. Nantinya ketika suatu saat ada pemadaman listrik, koneksi internet dirumah tetap hidup.

Oke cukup sekian. Bye.

WhatsApp Image 2021 03 31 at 23.41.17

WhatsApp Image 2021 03 31 at 23.41.16 1

WhatsApp Image 2021 03 31 at 23.41.16

 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *